Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Di Posting Oleh : Blogger Bodoh (Fajerin Biabdillah)
Kategori : ilmu komputer

Cara menghilangkan virus shortcut | Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas Macam-macam Virus Yang Ada Pada Komputer dan penyebarannya, sekarang kita berlanjut ke postingan selanjutnya yaitu menghilangkan Virus shortcut.
Cara Menghilangkan Virus Shortcut
Cara Menghilangkan Virus Shortcut
Langkah-langkah penanganan virus shortcut pada komputer :
  • Pencegahan
- Pasang Antivirus yang handal, dengan basis data virus yang selalu uptodate. Nyalakan selalu mode proteksinya, jadwalkan scaning menyeluruh komputer secara rutin pada waktu tertentu.
- Memastikan tidak ada virus pada data dari media eksternal yang dibaca seperti disket, flashdisk, CD, DVD, dan lain sebagainya.
- Tidak mendownload aplikasi dari situs yang tidak jelas.
- Rutin melakukan update patch untuk aplikasi atau service pack untuk sistem operasi guna mencegah serangan virus yang memanfaatkan kelemahan aplikasi atau sistem operasi yang terkait.
  • Perbaikan atas serangan yang sudah terjadi :
-  Tentukan sumber virus (jaringan, flashdisk, atau yang lain), kemudian lokalisir atau isolasi agar penyebaran terhenti.
- Identifikasi virus yang menyerang berdasar symptom atau gejala yang kelihatan, seperti jenis file yang diserang, kerusakan yang timbul, pesan yang muncul dan lain sebagainya. Identifikasi dapat dibantu dengan referensi yang memadai, misal majalah, internet atau sumber yang lain.
- Mencoba menghilangkan virus tanpa merusak file yang ada pada komputer, dengan memakai antivirus yang ada.
- Langkah terakhir yang dapat dilakukan, apalagi jika kerusakanya sangat parah, adalah dengan memformat ulang komputer. Boleh dicoba dengan menggunakan sistem operasi yang lain yang lebih handal.

Itulah lah langkah-langkah yang ampuh untuk membasmi virus pada komputer. 

0 Response to "Cara Menghilangkan Virus Shortcut"

Post a Comment