Cara mengatasi hilangnya Windows 7 setelah install Centos 7

Di Posting Oleh : Blogger Bodoh (Fajerin Biabdillah)
Kategori : centos linux operating system windows

Cara mengatasi hilangnya Windows 7 setelah install Centos 7

Hai para pengguna baru Centos 7! Baru saja saya berhasil menaklukkan Centos 7, saya menginstall Centos 7 tentunya saya pasangkan dengan Windows 7, saya mengikuti step by step cara menginstall Centos 7 dan ketika install berhasil disuruh reboot, nah pas bootloader-nya muncul Windows 7 saya gak ada di menu entri, yang ada cuma Centos 7 dan Centos 7 rescue. Permasalahannya adalah Centos 7 tidak mendukung format ntfs.
Ada 2 cara untuk mengatasi hilangnya Windows 7 setelah install Centos 7
1. mengedit file grub nya
2. menginstall software for linux yang mendukung ntfs
Tapi saya cuma mencoba yang cara 1 dan berhasil.
Berikut Cara mengatasi hilangnya Windows 7 setelah install Centos 7 :

1. Masuk di Centos 7 kalian
2. Buka terminal
3. Edit file 40_custom yang berada di /etc/grub.d
nano /etc/grub.d/40_custom

4. Masukkan kode berikut lalu save:

menuentry "Windows 7" {
set root='(hd0,1)'
chainloader +1
}

PS : Karena saya menginstall Windows 7 terlebih dahulu maka partisi system preserved-nya berada di /dev/sda1 makanya (hd0,1)
5. Setelah itu ketik kode dibawah ini untuk menetapkan konfigurasi yang telah dilakukan
grub2-mkconfig -o /boot/grub2/grub.cfg
6. Restart PC/Laptop
Bagaimana? Windows 7 nya udah muncul di menu entry? Yuk berikan komentar dibawah :)

0 Response to "Cara mengatasi hilangnya Windows 7 setelah install Centos 7"

Post a Comment